berita

Hindari Bermain Ponsel Terlalu Lama, Sebelum Anda kecanduan

 

Gadget (English) atau gawai (Indonesia) memiliki arti sebagai perangkat elektronik dalam ukuran kecil yang memiliki fungsi khusus dan terus mengalami perubahan. Gadget adalah semacam ponsel yang digunakan untuk berkomunikasi kepada kerabat jauh, dan bisa digunakan untuk hal lainnya.
• Menurut Derry, gadget merupakan sebuah perangkat atau instrument elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis untuk membantu pekerjaan manusia. Sedangkan menurut Manumpil, gadget adalah suatu alat teknologi yang saat ini berkembang pesat yang memiliki fungsi khusus diantaranya smartphone, Iphone and Blackberry.

Teknologi ponsel pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper pada April 1973. Martin Cooper merupakan seorang insinyur yang bekerja sebagai peneliti di Motorola, perusahaan asal Amerika Serikat (AS).

Gadget atau gawai berfungsi sebagai sarana bisnis, sumber informasi, penyimpanan data, dokumentasi, mendengarkan musik, dan lainnya. Tak hanya itu, gadget dipakai sebagai sarana belajar secara daring atau online. Tentu itu sangat berguna bagi pelajar, dan kalangan remaja.
Namun sekarang banyak yang menggunakan gadget dengan cara yang salah, diantaranya, Sebagian besar kasus di dunia, banyak remaja yang mengalami sakit punggung, sakit leher, sakit tangan, sakit kepala, dan lain sebagainya yang disebabkan karena terlalu sering bermain gadget. Bahkan dalam kasus yang lebih parah bisa menimbulkan diabetes, obesitas, dan kebutaan.

Disisi lain, ada juga dampak positif dari bermain gadget yaitu:

mempermudah dalam melakukan komunikasi jarak jauh, akses informasi dengan mudah dan cepat dengan adanya koneksi internet, melakukan berbagai pekerjaan maupun aktivitas dengan mudah seperti aplikasi yang digunakan untuk bekerja, aplikasi belanja online, dan lain-lain.

Maka sebab itu, gunakan gadget dengan sebaik mungkin, untuk melakukan aktivitas yang berguna. Jangan sampai anda menggunakan gadget terlalu lama, karena itu akan membuat dampak buruk seperti yang diatas.

Komunikasi sangat dibutuhkan bagi seluruh manusia di dunia. Maka sebab itu, diciptakanlah gagdet untuk memudahkan aktivitas manusia. Adapun manfaat dari komunikasi, diantaranya, dapat menyampaikan dan memperluas suatu ide dan pikiran yang dimiliki seseorang kepada orang lain, sehingga orang lain mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan tersebut.

Itulah penjelasan dari gadget, dari dampak negatif dan positif. Kesimpulan yang bisa kita ambil. Gunakanlah gadget dengan sebaik mungkin, dan jangan sampai kita kecanduan. Itu akan membuat hidup kita rusak, dan jangan sampai hal itu sampai terjadi pada diri kita sendiri.

picture: Indopolitika.com

penulis: nazwa syifa aulia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.