berita

GOTONG ROYONG

Gotong royong merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersama sama dengan tujuan menolong. Gotong royong juga suatu pahala, karena kita mengerjakannya secara ikhlas, dan penuh kebahagiaan. Karena kita bertemu dengan orang orang sekitar, dan saling tolong menolong, untuk memperindah lingkungan yang ada di sekitar kita.
Adapun tujuan dari gotong royong, yaitu dengan menumbuhkan rasa dan sikap saling tolong menolong, sukarela, saling membantu. Dan mempunyai sifat kekeluargaan. Itulah yang dibutuhkan bagi masyarakat, demi lingkungan yang indah dan asri.
Contoh dari gotong royong pun ada, seperti pembangunan rumah ibadah, atau memberikan sumbangan kepada tetangga yang sedang kesulitan. Dan adapun contoh gotong royong, yaitu memperindah lingkungan yang ada di sekitar, dan membersihkannya dari hal hal yang kotor, seperti sampah yang dibuang secara sembarangan.
Dan adapun pengertian gotong royong menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:
1. Bintarto
Menurut Bintarto, gotong royong adalah perilaku sosial dan juga tata nilai kehidupan sosial yang ada sejak lama dalam kehidupan di desa desa Indonesia. Tradisi gotong royong bisa tumbuh di pedesaan Indonesia karena kehidupan pertanian yang memerlukan kerja sama yang besar untuk mengolah padi hingga panen.

2. Koentjaraningrat
Menurut Koentjaraningrat, gotong royong adalah bentuk kerja sama di mana seseorang bisa dikatakan beriman, jika dirinya sudah mencintai saudaranya seperti mencintai diri sendiri.

3. Pudjiwati Sakjoyo
Pudjiwati Sakjoyo menjelaskan bahwa gotong royong adalah adat istiadat tolong-menolong antara orang orang yang ada diberbagai macam kegiatan sosial.

4. Mubyarto
Mubyarto berpendapat bahwa gotong royong adalah kegiatan bersama-sama, yang dilakukan untuk mencapai tujuan bersama.

5. Koesnaedi
Koesnaedi mendefinisikan gotong royong sebagai sikap positif yang mendukung perkembangan desa. Dalam gotong royong ini dibutuhkan pertahanan sebagai wujud kebiasaan masyarakat dalam melakukan pekerjaan secara bersama-sama.

6. Widjaja
Menurut Widjaja, gotong royong adalah ciri khas masyarakat pedesaan yang tidak lepas dari eksistensi pada masyarakat sebagai makhluk atau individu sosial.

Itulah penjelasan dari gotong royong menurut KBBi, dan menurut para ahli. Sekaligus tujuan, contoh dari gotong royong.

Semoga dari penjelasan ini. Kita bisa mengambil kebaikannya, bahwa gotong royong yang penting bagi masyarakat dan seluruh manusia.

picture: kibrispdr.org

SohIB IndonesiaBaik.id                                                                                                                                                                                                                                                                              penulis: nazwa asyifa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.