Kajian

KELOLA WAKTU DENGAN BAIK

Waktu adalah kunci untuk mencapai tujuan hidup kita. Setiap kali kita menggunakan waktu secara efektif, kita melangkah lebih dekat ke tujuan yang kita inginkan. Mengelola waktu dengan baik, membuat jadwal yang teratur, dan berfokus pada tugas-tugas penting adalah langkah-langkah penting dalam mencapai tujuan kita.Memanfaatkan waktu dengan baik berarti kita dapat menjalani hidup dengan lebih baik. Dengan mengatur waktu dengan baik antara pekerjaan, rekreasi, dan waktu bersama keluarga, kita dapat mencapai keseimbangan yang sehat dalam hidup kita. Kita dapat mengurangi stres dan kelelahan, serta meningkatkan kualitas hubungan kita dengan orang-orang di sekitar kita.

Betapa seringnya kita mendengarkan pepatah yang mengatakan Waktu adalah Uang . Tapi sebenarnya berapa banyak di antara kita yang benar-benar dapat memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya? sebenarnya, jika Anda ingin mengatur kehidupan Anda dan membuatnya menyenangkan, sebagai permulaan yang Anda perlukan adalah mengatur waktu Anda.
Mneyelepekan waktu berarti menyepelekan hidup menelantarkan impian mematikan harapan melarikan diri dari tanggung jawab.

berikut ini beberapa tips mengelola waktu yang dapat Anda terapkan:
1. Membuat perencanaan
Perencanaan akan mempermudah Anda menentukan tugas apa yang harus lebih dulu Anda kerjakan. Dengan adanya perencanaan, Anda tidak memerlukan waktu lagi untuk berpikir tugas apa yang selanjutnya harus dilakukan. Anda bisa membuat semacam daftar yang berisi list tugas-tugas yang harus diselesaikan mulai dari yang terpenting hingga tugas

2.penjadwalan yang tepat.
Penjadwalan dengan tepat harus dilakukan misalnya seperti rapat atau janji. Pastikan untuk menyediakan waktu untuk hal-hal yang ingin Anda lakukan. Penjadwalan yang efektif mengharuskan Anda mengenal diri sendiri. Log waktu Anda akan membantu Anda mengidentifikasi waktu saat Anda paling produktif.
Rencanakan tugas Anda yang paling menantang saat Anda memiliki energi paling banyak, lindungi waktu itu dari berbagai gangguan.

3.Berhenti menunda-nunda.
Orang menunda tugas karena berbagai alasan. Mungkin tugas itu tampak berlebihan atau tidak menyenangkan. Selesaikan tugas-tugas ini sebagai tindakan pertama Anda hari ini untuk menyelesaikannya.
Pilihan lainnya adalah untuk “memperkecil” tugas Anda dengan memecahnya menjadi segmen yang lebih kecil, menyelesaikan tugas persiapan, dan akhirnya menyelesaikan tugas yang lebih besar di tangan.
Ada pepatah yang mengatakan↓
“Apa yang terpanjang tapi juga yang terpendek?
Apa yang tercepat tapi juga yang terlambat?
Tidak ada yang dapat dilakukan tanpanya!
Kita semua tidak mengindahkannya tetapi setelah itu kita semua menyesalinya!
Ia menelan segala yang kecil dan mengabadikan segala yang besar
Itulah hakikat waktu”

Kesimpulannya :Waktu berlalu begitu cepat bagi mereka yang penuh aktivitas dan gembira.
Waktu berlalu begitu lambat bagi mereka yang hampa aktivitas dan bersedih.
Tidak ada yang dapat dilakukan tanpa waktu karena ia satu-satunya pentas kehidupan kita.

 

Penulis: Siti Nadila Tanjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.